Edukasi

By | April 15, 2018

Teori tanpa praktek mengarah ke idealisme kosong, dan tindakan tanpa refleksi filosofis mengarah ke aktivisme tak punya makna (Elias & Merriam dalam Kanuka, 2008).

Salah satu kutipan favorit saya adalah dari Carl Sagan, yang mengatakan itu bunuh diri untuk menciptakan masyarakat yang tergantung pada ilmu pengetahuan dan teknologi di mana tidak ada yang tahu apa-apa tentang ilmu pengetahuan dan teknologi – dan itulah jalan yang kita tuju ke bawah. . . . Anda perlu untuk menghasilkan para ilmuwan dan insinyur, mulai dariĀ  sekolah dasar, sekolah menengah, Anda harus mendanai penelitian para ilmuwan untuk melakukan-penelitian fundamental. Anda harus menghasilkan insinyur yang bisa mengubah terobosan ilmiah menjadi produk dan layanan” (Sally Ride, Building a Science, Technology, Engineering and Math Education Agenda).

Ilmuan tidak mempelajari alam karena ia berguna, mereka mempelajarinya karena menyenanginya, kesenangan itu karena alam memang indah. Kalau alam tidak indah, tidak akan bernilai untuk diketahui, dan jika alam tidak layak untuk diketahui, kehidupan tidak pernah menyenangkan (Henri Poincare)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *