Fisika Instrumentasi

By | May 7, 2018

Data Logging

Proses menggunakan komputer untuk mengumpulkan data melalui sensor, menganalisis data dan menyimpan serta menampilkan hasil pengumpulan dan analisis. Pencatatan data juga mengimplikasikan kontrol tentang bagaimana komputer mengumpulkan dan menganalisis data. Pencatatan data biasanya digunakan dalam eksperimen ilmiah dan dalam sistem pemantauan di mana ada kebutuhan untuk mengumpulkan informasi lebih cepat daripada manusia yang dapat mengumpulkan informasi dan dalam kasus di mana akurasi sangat penting. Contoh dari jenis informasi yang dapat dikumpulkan oleh sistem pencatatan data meliputi suhu, frekuensi suara, getaran, waktu, intensitas cahaya, arus listrik, tekanan dan perubahan keadaan materi.

(https://www.webopedia.com/TERM/D/data_logging.html).

Data logging adalah pengumpulan data selama periode waktu tertentu, dan sesuatu yang sering digunakan dalam eksperimen ilmiah. Sistem pencatatan data biasanya memantau proses menggunakan sensor yang terhubung ke komputer. Kebanyakan pencatatan data dapat dilakukan secara otomatis di bawah kendali komputer.

Proses pencatatan data
Sensor memiliki peran penting dalam proses pencatatan data. Semua sifat fisik dapat diukur dengan sensor seperti cahaya, panas, suara, tekanan, keasaman dan kelembapan. Sensor mengirim sinyal ke kotak antarmuka, yang terhubung ke komputer. Kotak antarmuka mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dapat dimengerti komputer. Komputer yang mengendalikan proses akan mengambil pembacaan secara berkala. Interval waktu untuk pencatatan data adalah waktu antara pembacaan. Periode penebangan adalah total panjang waktu di mana pembacaan dilakukan. Pembacaan disimpan dalam tabel dan dapat ditampilkan dalam grafik atau diteruskan ke aplikasi, seperti spreadsheet, untuk analisis nanti. Terkadang perlu mencatat data ‘di lapangan’. Ini disebut pencatatan data jarak jauh. Bacaan disimpan dan dibawa kembali ke komputer di mana mereka diunduh dan dianalisis. Peralatan dalam situasi ini harus sangat kuat – peralatan yang digunakan untuk memantau ketinggian air harus tahan air; demikian pula peralatan yang bekerja di satelit harus mampu menahan getaran selama peluncuran dan pemulihan.

http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesize/ict/measurecontrol/3dataloggingrev1.shtml

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *